PEMBENTUKAN KEMAMPUAN KERJASAMA PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DALAM PEMBUATAN BATAKO DI SLB MARDI MULYO BANTUL

Anita Cahyaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana pelaksanaan pembuatan batako
oleh anak tunagrahita ringan di SLB Mardi Mulyo Bantul, 2) bagaimana pembentukan
kerjasama anak tunagrahita ringan dalam keterampilan pembuatan batako.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini
dilaksanakan di SLB Mardi Mulyo Bantul. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita
ringan. Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan
serta verifikasinya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembuatan batako oleh anak
tunagrahita ringan di SLB Mardi Mulyo Bantul dilakukan melalui empat tahap yaitu
preparation (persiapan), main process (proses utama), drying (pengeringan), dan finishing
(penyelesaian). (2) Proses pembentukan kerjasama anak tunagrahita ringan dalam keterampilan
pembuatan batako nampak dari beberapa aspek antara lain adalah meningkatnya kemampuan
komunikasi, kemampuan untuk memahami kesulitan individu lain, serta keinginan untuk
memberikan bantuan. Meningkatnya kemampuan komunikasi pada anak tunagrahita ringan SLB
menunjukkan kerjasama antar siswa semakin meningkat. Proses pembuatan batako melatih
siswa tunagrahita ringan untuk meningkatkan kemampuan dalam memahami kesulitan individu
lain. Peningkatan kemampuan memahami kesulitan individu lain nampak dari siswa dapat
semakin peka dalam melihat raut wajah individu lain. Saat ada yang menunjukkan wajah
kebingungan, ataupun kelelahan, siswa lain biasanya akan bertanya kepada siswa tersebut.
Keinginan siswa untuk memberi bantuan, terlatih saat proses berlangsungnya pembuatan
batako, dimana antara siswa yang satu dengan lainnya saling tolong-menolong. Pada akhirnya
kerjasama yang dilakukan siswa dalam membuat batako yang dihasilkan selesai dengan baik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter