KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR 1 DI SLB WIYATA DHARMA I SLEMAN

Wadytya Yoga Aldiawan

Abstract


Tunarungu merupakan seorang yang mengalami kehilangan pendengaran baik yang dialaminya sejak lahir
maupun setelah lahir. Kehilangan pendengaran yang dialami tunarungu berimplikasi pada kemampuan berbahasa
dan berkomunikasi. Kemampuan berbahasa yang harus dimiliki setiap orang ialah salah satunya kemampuan
bahasa ekspresif. Kemampuan bahasa ekspresif adalah kemampuan seseorang dalam mengungkapkan perasaan,
ide, pikiran dan gagasan melalui percakapan maupun tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan
bagaimana kemampuan bahasa ekspresif siswa kelas dasar 1 di SLB Wiyata Dharma I Sleman. Metode yang
digunakan pada penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif, dengan subjek berjumlah 3 siswa yang duduk di
kelas 1 SDLB. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan bahasa ekspresif siswa tunarungu kelas
dasar 1 sangat bervariatif.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter