PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS MENGENAL ALAT-ALAT DAPUR BAGI ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS IV SLB BINA SIWI PAJANGAN BANTUL YOGYAKARTA

Riza Aulia Akfiyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPS mengenal alat-alat dapur bagi anak tunagrahita kategori sedang kelas IV di SLB Bina Siwi meliputi cara guru mengajar, kemampuan siswa dan faktor yang mempengaruhi pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan subjek penelitian tiga orang siswa tunagrahita kategori sedang kelas IV SDLB. Metode pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Teknik analisis menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPS mengenal alat-alat dapur meliputi 1) cara guru mengajar: menentukan tujuan pembelajaran terlebih dahulu dan materi dikembangkan oleh guru itu sendiri tetapi tanpa bantuan buku acuan. Penggunaan media pembelajaran berupa model alat peraga berbentuk alat-alat dapur. Metode pembelajaran menggunakan metode bervariasi yaitu metode ceramah, demonstrasi dan tanya jawab. Evaluasi terhadap hasil belajar menggunakan tes menjodohkan. 2) kemampuan siswa dalam pengenalan alat-alat dapur dapat melakukan dengan baik walaupun terkadang menurun. 3) faktor yang mempengaruhi pembelajaran yaitu emosi siswa yang kurang terkendali dan perhatian yang mudah beralih. Guru tidak menggunakan buku acuan dalam mengembangkan materi. Kondisi lingkungan belajar yang kurang nyaman.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter