PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB INSAN MANDIRI DLINGO BANTUL

Priyo Ardiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan menggunakan media
benda konkret bagi siswa tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Insan Mandiri Dlingo Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yaitu dua siswa tunagrahita ringan
kelas dasar III di SLB Insan Mandiri. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data
dilakukan dengan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan yakni deskriptif kuantitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan penggunaan media benda konkret dapat meningkatkan
kemampuan berhitung penjumlahan pada siswa tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Insan Mandiri.
Peningkatan pada siklus I yaitu subyek TAT 20%, pre test 40 menjadi 60; subyek FTA 25%, pre test32,5
menjadi 57,5. Berdasarkan hasil refleksi siklus I, setiap subyek mengalami peningkatan dalam
menyelesaikan soal berhitung penjumlahan bilangan 1-10, namun salah satu subyek belum memenuhi
kriteria keberhasilan. Peningkatan pada siklus II yaitu subyek TAT 40%, pre test 40 menjadi 80; subyek
FTA 40%, pre test 32,5 menjadi 72,5. Peningkatan tersebut diperoleh dengan memberikan bimbingan
khusus pada subyek FTA, pemindahan ruang kelas, perubahan jam pelajaran dan pemberian reward
pujian. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan: 1) subyek TAT dapat menyelesaikan soal berhitung
penjumlahan bilangan 1-10 menggunakan media benda konkret secara mandiri, 2) subyek FTA dapat
menyelesaikan soal berhitung penjumlahan bilangan 1-10 menggunakan media benda konkret namun
masih tetap memerlukan bimbingan dari guru. Hasil siklus II memenuhi kriteria keberhasilan sebesar 60.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter