PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBUAT ARANG SEKAM BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS X DI SLB MARSUDI PUTRA III SANDEN

Juwadi -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran
keterampilan membuat arang sekam. Kesulitan yang dihadapi guru dalam memberikan
pelajaran keterampilan membuat arang sekam.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah 3 orang
siswa tunagrahita ringan kelas X di SLB Marsudi Putra III Sanden berinisial YN, DA, dan
SW. Penelitian dilaksanakan dari tanggal 4 Januari sampai dengan 4 Maret 2012.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif. Untuk mendeskripsikan kejadian dilapangan dengan reduksi data, display data
dan selanjutnya mengambil kesimpulan. Tehnik keabsahan data yang digunakan adalah
trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dalam pembelajaran
keterampilan membuat arang sekam sebagai berikut : subyek YN dapat melakukan
tahapan mulai dari persiapan samapai proses pembuatan arang sekam dengan bantuan
secukupnya dan kategori cukup, subyek DA dapat melakukan tugas dengan sedikit
bantuan kategori baik, untuk subyek SW dapat melakukan tugas dengan sedikit bantuan
teori kepada siswa. Oleh karena itu penulis menyarankan khususnya guru keterampilan
agar lebih banyak pembelajaran praktek. Tujuan pembelajaran keterampilan membuat
arang sekam untuk peserta didik agar mampu membuat arang sekam mulai dari
persiapan sampai tahap akhir, dengan harapan keterampilan tersebut menjadi bekal
untuk mencari nafkah setelah terjun di masyarakat. materi yang disampaikan dari modul
bercocok tanam secara hidroponik. metode yang digunakan guru adalah metode
demonstrasi dan pemberian tugas. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah
metode pengelompokan dan pengantara. Sarana dan prasarana dengan kondisi baik.
Proses belajar mengajar dinilai baik dengan adanya interaksi antara guru dengan siswa
dan siswa dengan teman. Hasil evaluasi pembelajaran keterampilan membuat arang sekam mulai dari tahap persiapan, langkah‐langkah pembuatan sampai perawatan alat siswa mampu mengerjakan dengan sedikit bantuan sesuai dengan kemampuan siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter