PENINGKATAN KETERAMPILAN MENARI MELALUI METODE DRILL PADA SISWA TUNAGRAHITA TIPE RINGAN KELAS VI DI SLB TEGAR HARAPAN

Dewa Ndaru Ayunani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menari melalui metode drill pada siswa tunagrahita tipe ringan kelas VI di SLB Tegar Harapan, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain dari Kemmis dan Mc Taggart, dengan dua siklus yang terdiri dari empat elemen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes performance, dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan yakni diskriptif kuantitatif dengan uji hipotesis wilcoxon. Hasil yang diperoleh saat pra tindakan belum ada siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan, yaitu 65. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, hanya 1 dari 2 siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai tertinggi 91,03% dan terrendah 64,10%. Silkus II semua siswa, yaitu JN dan GG sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 65 dengan nilai tertinggi 98,72% dan nilai terendah 92,31%. Berdasarkan hasil nilai yang diperoleh, maka dapat dikatakan keterampilan menari dapat ditingkatkan melalui metode drill pada siswa tunagrahita tipe ringan kelas VI di SLB Tegar Harapan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter