PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK AUTIS KELAS III SD DI SLB RELA BHAKTI I GAMPING

Annisa Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara menggunakan media film
animasi pada anak autis kelas III SD di SLB Rela Bhakti I Gamping. Jenis penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi dengan guru kelas.
Subjek penelitian ini adalah anak autis kelas III SD di SLB Rela Bhakti I Gamping. Teknik pengumpulan
data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan tes unjuk kerja. Analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Langkah-langkah pembelajaran menggunakan media film
animasi yakni tahap perencanaan, melaksanakan tindakan proses pembelajaran, melaksanakan observasi
proses pembelajaran, serta refleksi. Hasil pra tindakan subjek menunjukkan perolehan nilai 55. Pada
tindakan siklus I terjadi peningkatan, nilai post test siklus I yang diperoleh adalah 70. Siklus II dilakukan
perbaikan tindakan yakni mengubah posisi guru dan siswa, melakukan pause, menutup serta mengunci
pintu kelas. Perolehan nilai subjek pada siklus II menunjukkan peningkatan yakni 80.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter