PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI AKOMODASI PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA DI KELAS III SD N BANGUNREJO 2

Dyan Rismawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan proses pembelajaran membaca pemahaman melalui akomodasi pada anak berkesulitan belajar membaca di kelas III SD N Bangunrejo 2, dan 2) meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui akomodasi pada anak berkesulitan belajar membaca di kelas III SD N Bangurejo 2. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek adalah seorang anak berkesulitan belajar membaca kelas III di SD N Bangunrejo 2. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) tes, 2) observasi dan 3) dokumentasi. Peningkatan proses pembelajaran membaca pemahaman melalui akomodasi dilihat dari meningkatnya partisipasi siswa berkesulitan belajar membaca pemahaman selama proses pembelajaran. Hasil observasi partisipasi siswa pada siklus I menunjukkan subjek AA mulai antusias mengikuti pelajaran, mau bekerjasama dengan baik dan mengerjakan soal latihan bersama guru, namun siswa belum aktif membaca dan tidak konsentrasi saat mengerjakan soal latihan. Pada siklus II terjadi peningkatan, subjek AA yang sebelumnya tidak mau membaca menjadi mau membaca dan konsentrasi subjek AA selama mengerjakan soal meningkat. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dilihat dari hasil tes kemampuan membaca pemahaman yang telah dikerjakan. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada siklus I sebesar 17,86, kondisi awal 57,14 meningkat menjadi 75 dan peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada siklus II sebesar 25, kondisi awal 57,14 meningkat menjadi 82,14.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter