PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ALAT MUSIK PERKUSI PADA SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG TINGKAT SMPLB DI SLB N 1 SLEMAN

Maya Roshita Bhakti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran alat musik perkusi pada siswa tunagrahita kategori sedang tingkat SMPLB di SLB N 1 Sleman. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah dua guru musik yang mengajar dan dua siswa tunarahita yang mengikuti pembelajaran alat musik perkusi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran alat musik perkusi untuk memberikan keterampilan bermain alat musik dan aktualisasi diri siswa tunagrahita kategodi sedang. Materi diajarkan secara berulang-ulang. Guru membiasakan subjek mendengarkan lagu dan latihan rutin untuk mengatasi kelemahan dalam koordinasi dan feel. Guru dalam KBM berperan sebagai fasilitator, motivator dan evaluator. Strategi yang digunakan guru untuk memberikan bantuan saat proses pembelajaran dengan menggunakan isyarat tangan dan suara. Pembelajaran alat musik perkusi tidak menggunakan metode ceramah karena keterbatasan subjek dalam mengingat dan berfikir abstrak, sehingga guru mengggunakan metode demonstrasi, latihan, dan proyek. Media bantu yang digunakan yaitu alat musik keyboard. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan pukulan yang dimainkan dengan suara yang dihasilkan keyboard dan banyaknya lagu yang dimainkan. Terdapat faktor internal (kondisi, minat, serta bakat siswa) dan eksternal (motivasi dan arahan dari guru, sarana-prasarana, suasana tempat, hubungan guru dengan siswa, serta penyediaan waktu) yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran alat musik perkusi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter