PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KIRIGAMI PADA SISWA CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK DI SLB RELA BHAKTI I GAMPING

Grace Chintia Novita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus siswa cerebral pasly tipe spastik di SLB Rela Bhakti I Gamping melalui kirigami. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah dua siswa cerebral palsy tipe spastik. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kirigami dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada siswa cerebral palsy tipe spastik di SLB Rela Bhakti I Gamping. Subjek DM dari nilai pra tindakan sebesar 36,25% (MB) meningkat menjadi 84,67% (BSB) pada siklus II. Subjek RK dari nilai pra tindakan sebesar 29% (MB) meningkat menjadi 84,41% (BSB) pada siklus II. Perubahan positif yang terjadi yaitu siswa yang sebelumnya kurang aktif menjadi lebih aktif, siswa secara mandiri mampu mengenal alat dan bahan kirigami, siswa terlihat lebih semangat dan mampu membuat kirigami secara mandiri sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Hasil penelitian siklus II menunjukkan bahwa setiap subjek mengalami peningkatan dan mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan. Oleh karena itu, penggunaan kirigami dapat meningkatkan keterampilan motorik halus siswa cerebral palsy tipe spastik di SLB Rela Bhakti I Gamping.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter