PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN 1-20 MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA TUNARUNGU KELAS I DASAR SLB NEGERI 2 BANTUL

Sri Rejeki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-20 menggunakan
metode project based learning pada siswa tunarungu kelas satu dasar di SLB Negeri 2 Bantul. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian berupa perencanaan, tindakan dan
pengamatan, serta refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian yaitu dua siswa
tunarungu kelas satu dasar SLB Negeri 2 Bantul. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan
observasi. Metode analisis yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Dari hasil
penelitian terjadi peningkatan kemampuan mengenal bilangan 1-20 pada siswa tunarungu kelas satu
dasar. Pada hasil pre-test presentase rata-rata kelas sebesar 55% dengan kriteria kurang, kemudian
meningkat pada siklus I menjadi 72,5% dengan kriteria cukup. Pada siklus II rata-rata kelas meningkat
menjadi 87,5% dan berada pada kriteria sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
kemampuan mengenal bilangan 1-20 siswa tunarungu kelas satu dasar dapat ditingkatkan menggunakan
metode project based learning.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter