HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR IV DI SLB B KARNNAMANOHARA SLEMAN

Niki Andri Arni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran konsep diri, (2) gambaran prestasi belajar, dan (3)
hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa tunarungu kelas dasar IV di SLB B Karnnamanohara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 10 siswa tunarungu kelas dasar IV
SLB B Karnnamanohara. Data variabel konsep diri diperoleh menggunakan skala konsep diri dan didukung
wawancara. Data variabel prestasi belajar diperoleh dari dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik
deskriptif dan korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukan gambaran konsep diri siswa tunarungu kelas
dasar IV di SLB B Karnnamanohara sebagian besar termasuk kategori sedang (60%), selebihnya kategori tinggi
(10%) dan kategori rendah (30%). Gambaran prestasi belajar sebagian besar siswa termasuk kategori sedang (60%)
dan kategori rendah (30%), sisanya termasuk kategori tinggi (10%). Hasil juga menunjukkan adanya hubungan
positif dan signifikan antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai koefisien
korelasi yaitu 0,758. Konsep diri terbukti turut menyumbang 57,4% terhadap prestasi belajar siswa, sedangkan
42,6% sisanya disumbang oleh variabel lain.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter