PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI PENGEMBANGAN DIRI BERPAKAIAN PADA ANAK AUTIS KELAS IV DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH

Puja Soraya Ulfa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap motivasi
pengembangan diri berpakaian pada anak autis kelas IV di SLB Autisma Dian Amanah. Penelitian ini
menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain
eksperimen yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dengan metode A-B-A’. Pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa ada pengaruh pemberian reward terhadap motivasi pengembangan diri berpakaian anak autis yang
ditunjukkan dengan berkurangnya frekuensi kesalahan berpakaian yang dilakukan subjek setelah
diberikan intervensi. Adapun jumlah frekuensi kesalahan berpakaian yang dilakukan subjek pada
Baseline-1 (A) yaitu: A1=5, A2=5, A3=5, frekuensi kesalahan dapat dikatakan stabil, karena cenderung
menetap. Frekuensi kesalahan yang dilakukan subjek selama sesi Intervensi (B) yaitu: B1=4, B2=2,
B3=2, B4=0, dan B5=0 sedangkan frekuensi kesalahan berpakaian yang dilakukan subjek pada Baseline-
2 (A’) yaitu: A’1=2, A’2=2, dan A’3=2


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter