PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI MEDIA RANTAI HURUF PADA SISWA TUNARUNGU KELAS 2 DI SLB WIYATA DHARMA I SLEMAN

Tutik Saniatin Zahro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa tunarungu kelas 2 di
SLB Wiyata Dharma 1 Sleman melalui media rantai huruf. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas menggunakan desain model Kemmis dan McTaggart dengan subjek penelitian 3 orang.
Pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes penguasaan kosakata, observasi partisipasi siswa
dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik komparatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa setelah penerapan media rantai huruf, penguasaan kosakata siswa terutama
kosakata benda meningkat. Hasil tes kemampuan awal hanya satu siswa yang mencapai nilai KKM.
Setelah siklus I dilaksanakan dengan menerapkan permainan menggunakan media rantai huruf untuk
mengenalkan dan menambah pemahaman kosakata, partisipasi siswa masih belum stabil, masih harus
diingatkan untuk fokus dan aktif dan pembelajaran. Hasilnya dua siswa sudah mencapai nilai KKM
dan satu siswa belum mencapai nilai KKM. Siklus II pembelajaran dimodifikasi dengan
menempelkan kosakata yang dibentuk sesuai rantai huruf pada kertas yang telah disiapkan guru.
Partisipasi, keaktifan, dan perhatian yang ditunjukkan siswa sangat baik sehingga hasilnya semua
siswa mengalami peningkatan dan memperoleh nilai yang memenuhi KKM.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter