PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MEDIA FOTO SERI PADA ANAK TUNARUNGU KELAS IV SDLB WIYATA DHARMA I TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA

Lisa Budi Prilastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa
tunarungu kelas IV SLB Wiyata Dharma I Tempel melalui penggunaan media foto seri.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah 2 orang
siswa tunarungu. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan membaca
pemahaman, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari
kemampuan awal membaca pemahaman AY 60 dan RZ 50 setelah digunakan media foto
seri kemampuan membaca pemahaman mengalami peningkatan. Hal tersebut terlihat dari
meningkatnya hasil pencapaian pada siklus I kemampuan membaca pemahaman AY 75
dan RZ 60 dengan tindakan siswa diberikan kesempatan bertanya jika menemukan
kesulitan. Dan pada siklus II kemampuan membaca pemahaman AY 90 dan RZ 77,5
dengan tindakan guru memberikan pujian kepada siswa agar lebih termotivasi dalam
melaksanakan pembelajaran akhirnya telah memenuhi kriteria minimal yaitu 70%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter