STUDI KASUS TENTANG MANAJEMEN KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK AUTIS KELAS 5 SD DI SLB YAPENAS YOGYAKARTA

Fransisca Octi Sulistyaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) pelaksanaan manajemen kelas dalam
proses pembelajaran anak autis, dan (2) faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen
kelas dalam proses pembelajaran anak autis. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu
kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian adalah manajemen kelas
V/autis SD di SLB Yapenas dengan informan kepala sekolah, tiga guru kelas, dan tiga
anak kelas V/autis SDLB. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa
pelaksanaan manajemen kelas belum berjalan optimal. Prasarana belum sesuai dengan
kebutuhan anak autis, keterbatasan ruang gedung sekolah SLB Yapenas menciptakan
ruang kelas terdiri dari tiga kelas dan satu guru kelas mengajar tiga anak dengan
karakteristik yang berbeda-beda dalam satu kelas. Faktor-faktor yang mempengaruhi
pelaksanaan manajemen kelas dalam pembelajaran anak autis kelas V/autis di SLB
Yapenas meliputi ruang tempat berlangsungnya proses pembelajaran untuk anak autis
membutuhkan ruangan yang terpisah dengan anak lain yang memiliki karakteristik yang
berbeda untuk meningkatkan konsentrasi anak dalam pembelajaran, pengaturan tempat
duduk bagi anak autis yang sedikit mendapat gangguan, dan latar belakang pribadi guru
yang ramah sehingga anak autis tidak merasa terpaksa dalam mengikuti pembelajaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter