PENGARUH PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI TEKS BACAAN BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR KELAS IV SEKOLAH DASAR DI SDN INKLUSI BANGUNREJO II YOGYAKARTA.

Elisabeth Leksioni Amuntoda

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode SQ3R yang dimodifikasi terhadap kemampuan membaca pemahaman bagi anak berkesulitan belajar kelas dasar IV di SD Negeri Inklusi Bangunrejo II Yogyakarta. penelitian ini merupakan penelitian praeksperimen, dengan pemberian perlakuan sebanyak empat kali pertemuan. Subyek penelitian yaitu dua orang siswa berkesulitan belajar kelas IV di SD Negeri Inklusi Bangunrejo II Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode tes hasil belajar, metode observasi, dan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SQ3R berpengaruh terhadap kemampuan membaca permahaman siswa berkesulitan belajar kelas IV di SD Negeri Inklusi Bangunrejo II Yogyakarta. Perubahan tersebut diperoleh dengan tahap orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, membuat kesimpulan dan menyajikan hasil penelitian. Perubahan kemampuan membaca pemahaman anak berkesulitan belajar ditunjukkan dengan: mampu menemukan ide pokok bacaan, mampu menjawab pertanyaan bacaan, dan mampu menceritakan kembali bacaan dengan bahasanya sendiri. Hasil post test yang diperoleh siswa telah memenuhi kriteria keberhasilan yakni 65%. Masing-masing subjek mengalami peningkatan 36,6% dan 40%. Ini berarti ada pengaruh penerapan metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman anak berkesulitan belajar kelas IV di SD Negeri Inklusi Bangunrejo II Yogyakarta.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter