PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN 1 SAMPAI 10 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III SLB MA’ARIF BANTUL

Khusniatun Badriyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan 1 sampai 10 melalui model
pembelajaran quantum teaching pada anak tunagrahita ringan kelas III di SLB Ma’arif Bantul. Penelitian ini
menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan desain Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek penelitian adalah siswa
tunagrahita ringan kelas III di SLB Ma’arif Bantul. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, dan
wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Langkah pembelajaran quantum
teaching menggunakan kerangka TANDUR (tumbuhkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi, dan rayakan)
dengan pendekatan individual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran quantum
teaching dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep penjumlahan. Hasil tes menunjukkan bahwa subjek
F mengalami peningkatan dari kemampuan awal 60,00% menjadi 73,34% pada siklus 1 dan 80,00% pada siklus II.
Subjek S mengalami peningkatan dari kemampuan awal 46,67% menjadi 53,34% pada siklus 1 dan 73,34% pada
siklus II. Hasil observasi menunjukkan bahwa ada kesesuaian antara implementasi dan rancangan yang telah
dibuat, sehingga dapat memberikan dukungan terhadap peningkatan pemahaman konsep penjumlahan siswa.
Subjek F memperoleh hasil 88,33% pada siklus I dan 94,43% pada siklus II. Subjek S memperoleh hasil 66,66%
pada siklus I dan 88,09% pada siklus II.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter