PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBUAT BATAKO MELALUI METODE DRILL BAGI TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS VIII SMPLB C1 DI SLB N 1 SLEMAN

Krisnanto Try Sutrisno

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan proses dan hasil keterampilan membuat batako melalui
metode drill bagi siswa tunagrahita kategori sedang kelas VIII SMPLB C1 di SLB N 1 Sleman. Jenis
penelitian yaitu penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa tunagrahita
kategori sedang kelas VIII. Teknik pengambilan data menggunakan instrumen observasi dan tes unjuk
kerja. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian mengungkap nilai pratindakan
sebelum metode drill diterapkan sebesar 55. Setelah metode drill diterapkan pada tindakan siklus I,
terjadi peningkatan dengan nilai 75. Proses pelaksanaan pertemuan pertama siklus I nampak rendahnya
keaktifan dan sulitnya siswa dikondisikan dalam kegiatan keterampilan membuat batako. Oleh karenanya
guru keterampilan melibatkan guru kelas untuk memotivasi dan mengawasi siswa. Pelaksanaan siklus I
berhasil meningkatkan keterampilan membuat batako namun belum memenuhi nilai ketuntasan.
Perbaikan pada siklus II yaitu mengkondisikan siswa agar lebih fokus melalui pemberian nasehat dan
motivasi serta memberi kesempatan siswa untuk berlatih. Kegiatan siklus II menekankan peningkatan
kegiatan yang belum dikuasai pada siklus I. Berdasarkan nilai pascatindakan II, terjadi peningkatan
sebanyak 27,5% dengan perolehan nilai 82,5. Oleh karenanya, metode drill dapat meningkatkan proses
dan hasil keterampilan membuat batako pada siswa tunagrahita kategori sedang kelas VIII SMPLB C1 di
SLB N 1 Sleman.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter