KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA BANGUN DATAR PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS C.D3 DI SLB NEGERI TEMANGGUNG

Risky Widiansari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick
terhadap peningkatan kemampuan matematika bangun datar pada anak tunagrahita ringan kelas C.D3 di SLB
Negeri Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pengambilan data dengan tes yang
terdiri dari pre-test post-test, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu teknik non parametik
analisis test rangking bertanda (Wilcoxon Sign Rank Test). Hasil penelitian menunjukkan adanya keefektifan dari
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap kemampuan matematika materi bangun
datar pada anak tunagrahita ringan kelas C.D3 di SLB Negeri Temanggung. Hal ini dibuktikan dengan
meningkatnya kemampuan anak setelah diberikan treatment sebanyak 4 kali. Dapat dilihat dari rata-rata pencapaian
skor pada hasil pre-test yaitu 42,86% meningkat menjadi 70% pada hasil post-test. Nilai tersebut membuktikan
bahwa kemampuan penguasaan materi bangun datar oleh anak meningkat sebanyak 27,14%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter