KEEFEKTIFAN KOOPERATIF STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION) TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK BERESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS 3 SD NEGERI GADINGAN WATES KULON PROGO

Laras Cipto Kurniati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif STAD (Student
Teams Achievment Division) terhadap pembelajaran matematika bagi anak berkesulitan belajar
matematika kelas 3 SD Negeri Gadingan Wates Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Subyek penelitian yaitu dua siswa
berkesulitan belajar matematika kelas 3.Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar dan
observasi. Analisis data yang digunakan yakni statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa model pembelajaran kooperatif STAD efektif terhadap pembelajaran matematika bagi anak
berkesulitan belajar matematika di kelas reguler di SD Negeri Gadingan. Hal ini terbukti dari adanya
peningkatan terhadap perolehan skor kuis yaitu pre-test, post-test I dan II dan hasil dari observasi
kegiatan pembelajaran menunjukkan partisipasi dari kedua subyek penelitian menunjukkan kategori
minimal cukup. Kedua subyek mengalami peningkatan sebesar 5% dan 20%. Peningkatan skor kedua
subyek tersebut tidak tinggi, namun bagi anak berkesulitan belajar matematika hal tersebut telah
menunjukkan pemahaman terhadap materi pembelajaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter