EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOKS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR I DI SLB WIDYA MULIA PUNDONG BANTUL YOGYAKARTA

Ana Fitriyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Big Books terhadap kemampuan membaca
permulaan anak tunarungu kelas Dasar I di SLB Widya Mulia Pundong Bantul Yogyakarta. Penelitian ini
merupakan penelitian subyek tunggal (Single Subject Research). Subyek penelitian yaitu satu orang anak
tunarungu kelas Dasar I di SLB Widya Mulia Pundong Bantul Yogyakarta. Penelitian dilakukan dengan
menggunakan desain penelitian A1–B–A2. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan tes
kemampuan membaca permulaan dan observasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif
berupa analisis visual grafik. Data yang diperoleh dianalisis melalui analisis dalam kondisi dan analisis
antar kondisi. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh yang positif penggunaan media Big Books
terhadap kemampuan membaca permulaan. ditunjukkan dengan data yang tumpang tindih (overlap)
dalam analisis antar kondisi A1/B dan B/A2 sebesar 0% yang berarti semakin kecil presentase overlap
menunjukkan semakin besar pengaruh terhadap target behavior. Hal ini juga didukung dengan adanya
peningkatan skor kemampuan membaca yang diperoleh anak selama fase baseline-1, intervensi, dan
baseline-2. Pada fase baseline-1 anak mendapatkan skor frekuensi 46,50, 50, dan 50. Pada fase intervensi
dari pertemuan pertama hingga keenam mendapatkan skor frekuensi 60, 75, 88,75, 90, 91,25, dan 92,5.
Pada fase baseline-2 anak mendapatkan skor frekuensi 95, 95, dan 96,25.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter