KEEFEKTIFAN METODE LINGUISTIK PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA KELAS II DI SD NEGERI MUSTOKOREJO

Suhesti Retno Palupi

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan metode linguistik pada pembelajaran membaca
permulaan anak berkesulitan belajar membaca kelas II di SD Negeri Mustokorejo. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Eksperimen yang digunakan yaitu
Single Subject Research (SSR) dan desain SSR yang digunakan adalah A-B-A. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan tes membaca permulaan, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan
statistik diskripstif dengan teknik analisis visual grafik dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil Penelitian
menunjukkan bahwa metode linguistik efektif digunakan pada pembelajaran membaca permulaan anak
berkesulitan belajar membaca kelas II di SD Negeri Mustokorejo. Hal ini terbukti dari perolehan mean
level pada fase baseline-1, intervensi dan baseline-2 berturut-turut 49%, 73%, dan 88%. Dengan demikian
terjadi peningkatan +39% pada kemampuan membaca permulaan antara sebelum dan sesudah diberikan
intervensi menggunakan metode linguistik. Persentase data tumpang tindih (overlap) antar kondisi adalah
0% yang berarti metode linguistik berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan anak
berkesulitan belajar membaca.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter