KEEFEKTIFAN MEDIA POP UP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP HEWAN PADA SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS IV SDLB DI SLB N 1 SLEMAN

Nausyad Em'a Istasfi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media Pop Up terhadap pemahaman konsep hewan dalam pembelajaran IPA pada siswa tunagrahita kategori sedang kelas IV SDLB di SLB N 1 Sleman. Jenis penelitian yang digunakan Singgle Subject Research (SSR). Subjek penelitian siswa tunagrahita kategori sedang kelas IV SDLB di SLB N 1 Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media Pop Up efektif terhadap pemahaman konsep hewan pada siswa tunagrahita kategori sedang kelas IV SDLB di SLB N 1 Sleman. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya persentase keberhasilan siswa yang signifikan pada fase intervensi yang ditunjukan dengan adanya peningkatan presentase mean level dari baseline-1 (A) ke intervensi (B). Presentase pada mean level pada baseline-1 53,8% dan pada intervensi menjadi 82,5%. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan presentase keberhasilan yang didapatkan siswa hingga 28,7 %. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa melalui media Pop Up, pemahaman konsep hewan pada siswa meningkat.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter