PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBATIK BAGI SISWA AUTIS DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA

Santi Chandra Titisari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran keterampilan
membatik bagi siswa autis di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dengan
pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru SBK, siswa autis dan guru kelas di SLB Autisma
Dian Amanah. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipasi dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Keabsahan data dengan memperpanjang waktu tinggal/ keikutsertaan, observasi lebih tekun dan triangulasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pembelajaran keterampilan membatik didasari oleh asesmen
dan perencanaan program dilanjutkan persiapan, pemberian materi dan evaluasi, 2) Kendala yang
dihadapi yaitu: a) emosi siswa kurang stabil sehingga konsentrasi saat membatik berkurang, b)
handflapping dan lonjak-lonjak sehingga saat dekat dengan malam panas dan zat pewarna keras
membahayakan siswa. Upaya dalam menghadapi kendala yaitu: a) menerapkan pemberian reward dan
punishment sebagai konsekuensi perilaku siswa, b) selalu mendampingi dalam setiap proses membatik, 3).
Peran guru yaitu: a) ikut mendampingi dan menjadi sumber informasi saat asesmen lanjutan dan
perencanaan program, b) menanyakan perkembangan siswa kepada guru SBK, c) menginformasikan
perkembangan siswa kepada orang tua/ wali murid, d) sebagai teman konsultasi bagi guru SBK.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter