EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PEMBAGIAN BAGI SISWA AUTISTIK KELAS IV SD DI SLB TEGAR HARAPAN YOGYAKARTA

Rahman Hidayatsyah Trysananda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan metode Pendidikan Matematika
Realistik Indonesia terhadap kemampuan berhitung pembagian bagi siswa autistik kelas IV SD di SLB
Tegar Harapan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian subjek tunggal dengan desain A-B-A’.
Pengambilan data dilakukan dengan tes hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata skor
tes kemampuan berhitung pembagian subyek pada fase baseline awal sebesar 21 dengan persentase skor
sebesar 52,5%. Sedangkan pada fase intervensi, rata-rata skor tes kemampuan berhitung pembagian
subyek membaik menjadi sebesar 35,8 dengan persentase skor sebesar 89,6%. Setelah diberikan
intervensi, rata-rata (mean level) skor tes kemampuan berhitung pembagian subyek sebesar 37,33 dengan
rata-rata (mean level) persentase skor sebesar 93,3%. Perubahan level data antara fase intervensi dan
baseline awal yaitu sebesar +25%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Pendidikan
Matematika Realistik Indonesia efektif terhadap kemampuan berhitung pembagian siswa autistik kelas IV
SD di SLB Tegar Harapan Yogyakarta.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter