PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGEMBANGAN DIRI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PRAKTIK SISWA TUNANETRA KELAS III SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Dovi Uun Yutikasari

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan proses dan hasil kemampuan pengembangan diri
siswa tunanetra kelas III SLB A Yaketunis Yogyakarta menggunakan metode praktik pada mata pelajaran
pengembangan diri materi kebersihan badan. Pengumpulan data menggunakan tes kinerja dan lembar observasi.
Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan
pengembangan diri melalui metode praktik siswa tunanetra kelas III SLB A Yaketunis Yogyakarta. Siklus I
dengan tindakan berupa penjelasan, demonstrasi, praktik, dan tanya jawab diperoleh hasil kemampuan siswa pada
pra tindakan mandi 55% kategori cukup meningkat 13,96% menjadi 68,96% kategori baik, menggosok gigi 62,5%
kategori cukup meningkat 12,5% menjadi 75% kategori baik, mencuci rambut 52,5% kategori cukup meningkat
22,5% menjadi 75% kategori baik. Perbaikan pada siklus II dilakukan pada rencana pembelajaran yang sesuaikan
dengan kondisi dan kebutuhan siswa, yaitu dengan mengkondisikan siswa untuk lebih fokus, walaupun
lingkungan sekitar ada suara yang mengganggu, guru mengurangi bantuan yang diberikan dalam praktik, guru
memberi kesempatan agar siswa aktif bertanya mengenai kesulitannya. Hasil tes kemampuan siswa pada siklus II
kegiatan mandi dari 68,96% kategori baik meningkat 5,17% menjadi 74,13% kategori baik, menggosok gigi 75%
kategori baik meningkat 5% menjadi 80% kategori baik, mencuci rambut 75% kategori baik meningkat 2,5%
menjadi 77,5% kategori baik. Keaktifan siswa meningkat sebesar 25% dari 58,33% kategori cukup menjadi
83,33% kategori sangat baik. Proses dan hasil belajar pengembangan diri siswa tunanetra kelas III SLB A
Yaketunis Yogyakarta dapat meningkat setelah dilakukan tindakan menggunakan metode praktik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter