PENGGUNAAN AKTIVITAS MELUKIS SEBAGAI POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU INATTENTION PADA ANAK AUTISTIK KELAS II DI SEKOLAH LUAR BIASA MARDI MULYO KRETEK BANTUL

Hanafi Catur Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan aktivitas melukis sebagai positive
reinforcement efektif untuk mengurangi perilaku inattention pada anak autistik kelas II di Sekolah Luar Biasa
Mardi Mulyo Kretek Bantul. Jenis penelitian ini menggunakan Single Subjek Research (SSR) atau penelitian subjek
tunggal. Desain yang digunakan adalah A - B – A yaitu baseline-I, intervensi, dan baseline-II. Subjek penelitian
adalah anak autistik kelas II SDLB yang mengalami inattention. Pengumpulan data menggunakan observasi,
dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.
Penyajian hasil penelitian menggunakan grafik dan tabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas melukis
sebagai positive reinforcement dapat mengurangi perilaku inattention pada anak autistik kelas II di Sekolah Luar
Biasa Mardi Mulyo Kretek Bantul. Hal tersebut ditandai dengan semakin sedikitnya frekuensi dan durasi perilaku
inattention antara baseline-I dengan baseline-II. Baseline-I levelnya memburuk, intervensi levelnya membaik, dan
baseline-II hasilnya membaik. Prosentase overlap antar kondisi baseline-I dan fase intervensi 0%, fase intervensi
dengan baseline-II 66,67%, sedangkan fase baseline-I dengan baseline-II 0% artinya semakin sedikit data yang
tumpang tindih maka intervensi semakin efektif.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter