PENINGKATAN KETERAMPILAN OTOMOTIF TAMBAL BAN MELALUI METODE LATIHAN PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS X DI SLB NEGERI 1 SLEMAN

Nur Khamidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan otomotif tambal ban melalui metode latihan pada siswa tunagrahita ringan kelas X di SLB Negeri 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus masing-masing tiga kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa tunagrahita ringan kelas X di SLB Negeri 1 Sleman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes unjuk kerja dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Adapun proses pembelajarannya sebagai berikut: 1) siswa menyiapkan peralatan dan perlengkapan dalam menambal ban, 2) guru memperagakan langkah-langkah menambal ban, 3) siswa menirukan langkah-langkah menambal ban yang dicontohkan guru, 4) siswa melakukan latihan langkah-langkah menambal ban secara mandiri 5) guru melakukan evaluasi terhadap proses dan hasil tambal ban siswa.Peningkatan keterampilan otomotif tambal ban pada siswa tunagrahita ringan dapat dilihat dari hasil tes pada siklus I yaitu subjek RA dari nilai pra tindakan sebesar 43,33 meningkat menjadi 81,66 pada pasca tindakan siklus II. Subjek FA dari nilai pra tindakan sebesar 56,66, meningkat menjadi 93,33 pada pasca tindakan siklus II. Subjek AH dari nilai pra tindakan sebesar 51,66 meningkat menjadi 86,66 pada pasca tindakan siklus II. Kesimpulan akhir adalah ketiga subjek telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 77. Oleh karena itu, metode latihan dapat meningkatkan keterampilan otomotif tambal ban pada siswa tunagrahita ringan kelas X di SLB Negeri 1 Sleman.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter