PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA ANAK TUNA RUNGU KELAS 1 SEKOLAH DASAR LUAR BIASA MARDI MULYO KRETEK BANTUL

Indra Dewi Patmawijayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan kosakata anak tunarungu melalui pendekatan pembelajaran
berbasis lingkungan kelas 1 SLB Mardi Mulyo Kretek. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan
dua siklus dan empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, serta refleksi yang dilakukan selama 2 bulan.
Subjek penelitian adalah 4 siswa tuna rungu kelas 1. Teknik pengumpulan data meliputi observsi, tes, wawancara,
dokumentasi. Analisis data menggunakan uji tes U Mann-Whitney dengan membandingkan pre-test dan post-test
dilanjutkan analisis komparatif dengan membandingkan post-test dan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75 dari
skor maksimal 100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran berbasis
lingkungan dapat meningkatkan kemampuan kosa kata subjek dilihat dari hasil pre-test, post-test I, dan post test II
yang telah mencapai KKM. Subjek NE memperoleh nilai 34 pada pre-test, 60 pada post-test siklus I, dan 76 pada
post-test siklus II. Subjek RA memperoleh nilai 38 pada pre-test, 62 pada post-test siklus I, dan 76 pada post-test
siklus II. Subjek BA memperoleh nilai 56 pada pre-test, 78 pada post-test siklus I, dan 92 pada post-test siklus II.
Subjek ER memperoleh nilai 42 pada pre-test, 72 pada post-test siklus I, dan 84 pada post-test siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian, pendekatan pembelajaran berbasis lingkungan menggunakan media gambar
disarankan untuk meningkatkan kosa kata anak tunarungu.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter