KEEFEKTIFAN METODE PERMAINAN DOMINO BRAILLE TERHADAP KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA TUNANETRA KELAS I DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Dwandaru Desetya Nurajab

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode permainan domino Braille terhadap kemampuan penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran siswa tunanetra kelas I di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Jenis penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain one group pre test-post test. Subjek penelitian berjumlah 2 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes.Analisis data observasi dilakukan menggunakan analisis deskriptif, sedangkan pada data kuantitatif analisis data dilakukan menggunakan statistik non parametrik dengan sign test. Hasil penelitian menunjukkan metode permainan domino Braille efektif terhadap kemampuan penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran Matematika siswa tunanetra kelas I di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan analisis data menggunakan tes tanda menunjukkan hasil pengujian p=0,031 kurang dari p=0,05. Hasil nilai post test yang diperoleh subjek KN menunjukkan presentase peningkatan sebesar 40% pada tes kemampuan penjumlahan, dan 30% pada tes kemampuan pengurangan. Sedangkan hasil post test pada subjek FR menunjukkan presentase peningkatan sebesar 40% pada tes kemampuan penjumlahan , dan 30% pada tes kemampuan pengurangan. Kedua subjek dapat menghitung hasil penjumlahan dan pengurangan satu digit angka yang ada pada kartu secara mandiri hingga angka 10.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter