PENERAPAN METODE IQRO’ BRAILLE DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA HURUF ALQUR’AN BAGI SISWA TUNANETRA ISLAM PADA SEKOLAH LUAR BIASA DI KABUPATEN KULON PROGO

Bejo Bejo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran membaca huruf
alQur’an yang menggunakan metode Iqro’ Braille dan sejauhmana kemampuan siswa
sebelum dan sesudah mempelajaran huruf AlQur’an Braille dengan metode Iqro’. Penelitian
ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif.. Subyek dalam penelitian ini adalah seorang remaja
tunanetra Islam di kelas VII SMPLB di SLB Muhammadiyah Dekso Kalibawang Kulon Progo.
Setting penelitian dilakukan di dalam kelas. Peneliti mengambil informasi kunci yaitu Siti AlPiyah,
Guru Pendidikan Agama Islam di SLB Muhammadiyah Dekso tersebut. Penelitian dilakukan selama
dua bulan terdiri dari delapan pertemuan. Tehnik Pengumpulan data yang dipilih, adalah : observasi,
dokumentasi, wawancara dan angket. tehnik keabsahan data yang dipilih adalah derajat kepercayaan
(credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan dan kriteria kepastian (confirmability.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pembelajaran Huruf AlQur’an bagi peserta didik tunanetra
pada SLB Muhammadiyah Dekso yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam dengan
menerapkan metode Iqro’ dalam huruf Braille dan telah menyesuaikan dengan metode yang
tercantum dalam metode Iqro’ yaitu : Cara Belajar Siswa Aktif. Kemampuan membaca Arab Braille
untuk materi yang sudah diberikan dapat berhasil dikuasai dengan baik. SW sudah mampu membaca
huruf Arab Braille yang berharokat : a, i, dan u baik yang dibaca panjang maupun pendek, huruf
bertanwin, dan huruf bersukun dan huruf qalqalah. Selama dua bulan peneliti hanya dapat memonitor
pembelajaran dengan metode Iqro’ dari jilid 3 dan 4. Padahal untuk dapat membaca alQur’an dalam
huruf Braille SW harus menyelesaikan belajar Iqro’nya sampai tamat jilid 6. Kunci sukses belajar
Iqro’ adalah : tertib, rajin, teliti, sabar dan tidak bosan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter