PENGARUH MEDIA PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS III SLB N SLEMAN

Rr. Ekanti Prihartawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan puzzle terhadap kemampuan
mengenal huruf vokal pada anak tuna grahita kategori sedang kelas III SLB N Sleman. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subjek Reseach (SSR). Subjek penelitian merupakan seorang
anak tunagrahita kategori sedang kelas III SLB N Sleman. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik
deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif media permainan puzzle terhadap kemampuan
mengenal huruf vokal. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya perubahan skor hasil tes kemampuan mengenal
huruf vokal sebesar 35,58%. Subjek pada baseline mendapatkan skor dengan rerata 54% sedangkan pada intervensi
mendapatkan skor dengan rerata 89,58%. Selain itu durasi subjek dalam mengerjakan tugas dari waktu baseline
hingga waktu intervensi semakin pendek. Subjek pada baseline mendapatkan rerata durasi 48 menit, sedangkan
pada intervensi mendapatkan rerata durasi 37 menit. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media permainan
puzzle berpengaruh terhadap kemampuan mengenal huruf vokal pada anak tunagrahita kategori sedang kelas III
SLB N Sleman.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter