KECAKAPAN SOSIAL TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR V DI SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA

None Fariza Melda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kecakapan sosial pada aspek kecakapan
berkomunikasi dan kecakapan sosial pada aspek bekerja sama pada siswa tunagrahita ringan kelas V sekolah dasar
di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan langkah reduksi
data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecakapan sosial tunagrahita
ringan pada aspek komunikasi menunjukkan kurangnya kemampuan berkomunikasi dengan orang lain. Hasil
penelitian kecakapan sosial pada aspek kerjasama menunjukkan perilaku dengan karakteristik yang berbeda akan
tetapi cenderung pada rendahnya kemampuan bekerjasama. Dapat disimpulkan bahwa sekalipun ketiga subyek
merupakan anak tunagrahita ringan, akan tetapi ada variasi perilaku yang ditunjukkan terkait dengan kecakapan
sosialnya.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter