STUDI KASUS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH INKLUSI SD NEGERI 1 JAMBIDAN BANTUL YOGYAKARTA

Hadyani Kumalasari Putri

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kondisi raw input, (2) proses pembelajaran
Matematika, dan (3) dampak dari hasil proses pembelajaran atau outcome bagi anak tunarungu di SD
Negeri 1 Jambidan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Subjek penelitian yaitu anak tunarungu kelas II sebanyak 1 orang, guru kelas II, guru pendamping
khusus, dan kepala sekolah SD Negeri 1 Jambidan. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kondisi raw input siswa tunarungu
di SD Negeri 1 Jambidan sudah lama dilakukan. Proses perekrutan calon siswa reguler maupun siswa
berkebutuhan khusus didasarkan pada usia; (2) Proses pembelajaran matematika dimulai dari (a)
menyusun RPP, mempersiapkan materi pembelajaran, dan melakukan evaluasi; (b) menggunakan
metode pembelajaran berupa ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi; (c) menyediakan
media berupa alat bantu dengar yang dapat digunakan oleh anak tunarungu; (e) kondisi lingkungan
ditinjau dari segi psikologi, terlihat kurang percaya diri dan sering tidak fokus; ditinjau dari kondisi
lingkungan sosial kurang memotivasi anak tunarungu; (f) proses evaluasi dilakukan pada saat ulangan
harian, mid dan ujian kenaikan kelas; dan (3) Dampak kognisi adalah AWN sering mengalami
ketertinggalan materi dengan anak normal, dampak afektif adalah AWN menjadi kurang percaya diri,
minder, pasif, tidak termotivasi untuk mempelajari banyak hal, dapat memunculkan minat belajar
yang rendah sehingga dapat berdampak pada hasil belajar AWN, dan dampak psikomotorik adalah
AWN belum mampu menggambar bangun datar dan belum mampu mencocokkan gambar secara
mandiri.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter