IDENTIFIKASI PERILAKU GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIVITAS PADA ANAK AUTIS

Mathasa Alqorina

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas pada anak autis di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu dua anak autis yang mengalami gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas. Key informan dalam penelitian ini yaitu guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Antecedent munculnya perilaku yaitu keadaan suasana hati subjek, terganggu oleh lingkungan sekitar, kesulitan dalam melakukan kegiatan dan tidak ada guru di kelas. Behavior gangguan pemusatan perhatian yang dimunculkan oleh kedua subjek yakni tidak dapat fokus saat KBM, asyik bermain sendiri saat belajar, tidak mendengarkan pertanyaan dari guru, menggerakkan kaki ketika duduk saat KBM, menggerakkan tangan secara berlebihan, berbicara berlebihan, tidak menyelesaikan tugas, meninggalkan tempat duduk, melompat-lompat saat KBM, dan menolak untuk mengerjakan tugas. Consequence dari munculnya perilaku berupa teguran dari orang sekitar dan terganggunya kegiatan belajar subjek.
Kata Kunci: perilaku gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas, anak autis.

Abstract
This study aims to describe attention deficit and hyperactivity behavior of students in SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta. The type of this study is descriptive research. The research subject were two students with autism who have attention deficit and hyperactivity disorder. Key informan in this study was a teacher of the students. The data were collected by observation and interview. The data was analized using descriptive-qualitative analysis. The antecedent of this behavior were mood of the student, distracted by extraneous stimuli, feeling hard to complete the task and there is no teacher in classroom. The behavior was shown by sutdents were difficult to give attention on study, often play when study, does not seem to listen when teacher asking, moving feet and hand excessively, talking too much when study, leave the chair, jumping up and down while studying and refuse to do the task. Consequence of this behavior were get warning from teacher and disturb the study activity.
Keywords: attention deficit and hyperacitivy behavior, children with autism.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter