EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP KETERAMPILAN MATEMATIKA SISWA SLOW LEARNER KELAS V

Hilda Puspita Sari

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik terhadap keterampilan matematika siswa slow learner kelas V di SD N 1 Trirenggo. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan jenis penelitian Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain A1-B-A2. Tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes tertulis. Teknik yang digunakan yaitu menggunakan statistik deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Komponen yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik yang di terapkan efektif terhadap keterampilan matematika pada siswa slow learner kelas V di SD N 1 Trirenggo Bantul. Hal tersebut ditunjukkan dengan persentase overlap yaitu 0%. Siswa slow learner yang mempelajari keterampilan matematika (penjumlahan dan pengurangan) mampu memahami konsep penjumlahan dan pengurangan, mencari solusi pada soal cerita dengan benar dan mampu menghitung dengan benar. Penerapan model pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik memberi kemajuan pada keterampilan matematika siswa slow learner yakni siswa menjadi lebih aktif dan kritis dalam memecahan suatu masalah (soal matematika).
Kata kunci: pendekatan matematika realistik, keterampilan matematika, siswa slow learner.
Abstract
This study aims to examine the effectiveness of learning models with realistic mathematical approaches to the math skills of fifth grade slow learner students at SD N 1 Trirenggo. This research is a quasi-experimental study with the type of research of Single Subject Research (SSR). The design used in this study is the design of A1-B-A2. The test used in this study is a written test. The technique used is using descriptive statistics and presented in the form of tables and graphs. Components used to analyze data are analysis in conditions and analysis between conditions. The results obtained in this study indicate that the learning model with a realistic mathematical approach that is applied effectively to mathematical skills in the class V slow learner students in SD N 1 Trirenggo Bantul. This is indicated by the percentage overlap which is 0%. Slow learner students who learn math skills (addition and subtraction) are able to understand the concepts of addition and subtraction, find solutions to the problem of the story correctly and are able to calculate correctly. The application of the learning model with a realistic mathematical approach gives progress to the mathematical skills of the slow learner students, namely students become more active and critical in solving a problem (math problem)
Keywords: realistic mathematical approaches, mathematical skills, slow learner students.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter