EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA HEWAN TERNAK PADA ANAK AUTIS DI SLB CITRA MULYA MANDIRI YOGYAKARTA

Laili Fauziah Gandhi

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media flashcard untuk meningkatkan kosakata hewan ternak pada anak autis di SLB Citra Mulya Mandiri Yogayakarta Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini merupakan penelitian experiment dengan jenis penelitian Single Subject Research (SSR).Subyek penelitian ini yaitu seorang anak autis yang duduk dibangku kelas 5 SD di SLB Citra Mulya Mandiri Yogyakarta.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes unjuk kerja.Teknik analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi dan disajikan dalam bentuk grafik dan tabel.Hasil penelitian menunjukan bahwa media flashcard efektif untuk meningkatkan kosakata hewan ternak pada anak autis, penelitian.keefektifan ditandai dengan hasil perolehan skor meningkat setelah dilakukan intervensi menggunakan media flashcard; perubahan kecenderungan mengalami peningkatan yang konsisten dengan skor yang diperoleh siswa pada fase A(+), fase B(+), dan fase A’(=); perubahan level fase A(+9,52%), fase B(+19,05%), fase A’(0%); kecenderungan stabilitas data, jejak data, level dan stabilitas rentang menunjukan kenaikan secara konsisten;
Kata kunci: media flashcard, kosakata hewan ternak, anak autis
Abstrac
This study aims to examine effectiveness of flashcard media to increase the vocabulary of farm animals to autistic children in SLB Citra Mulia Mandiri Yogyakarta.The research design that used is quantitative approach and experiment design, with Single Subject Research type. The subject of this research was an autistic child who sat in 5th grade elementary school in SLB Citra Mandiri Yogyakarta. Data collection technique in this study used performance test. Data analysis technique used in this research is analysis in condition and condition analysis, and presented in the graphic and table form.The result of the study showed that flashcard media was effective for increasing the vocabulary of farm animalto autistic children. This is indicated by the results of the score increase after intervention using flashcard media. Tendency to change with increasing scores consistently in phase A (+), phase B (+), dan Phase A’ (=); change in phase level A (+9,52%), phase B (+19,05%), phase A’ (0%); data stability tendency, trace data, level and stability range have consistently increased.
Keywords: flashcard media, farm animal vocabulary, autistic child.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter