ADAPTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI RENANG UNTUK ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA

Nur Rahmi Arbiatun Nisa

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adaptasi pembelajaran pada pendidikan jasmani renang untuk anak autis di SKA Bina Anggita Yogyakarta. Fokus dalam penelitian ini yaitu pada perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi yang ada dalam pembelajaran renang tersebut.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru pendidikan jasmani di SKA Bina Anggita. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah panduan observasi, panduan wawancara dan panduan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif dengan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Perencanaan pembelajaran terdiri dari proses asesmen kemampuan fisik, yaitu asesmen kemampuan motorik kasar dan kemampuan dasar berenang, penyusunan program semester dan penyiapan RPP, namun belum sistematis dan belum tertulis. 2) Tahap pelaksanaan pembelajaran, yaitu; (a) pendahuluan, berupa pengkondisian dan pemanasan; (b) kegiatan inti berupa penyampaian materi pembelajaran renang dengan beberapa adaptasi pembelajaran yaitu penyesuaian materi pembelajaran, penggunaan metode pendekatan individual, instruksi lisan dengan bahasa yang sederhana dan penglibatan seluruh guru kelas serta volunteer. (c) Penutupan pembelajaran belum sistematis dan belum ada aktivitas pendinginan. Selanjutnya (3) pelaksanaan evaluasi berupa evaluasi proses selama pembelajaran renang berlangsung dan evaluasi setiap akhir semester dengan jenis tes yaitu praktik berenang dengan penyesuaian pada materi tes dan alat bantu tes, namun perangkatnya belum sistematis dan belum tertulis.
Kata kunci: adaptasi pembelajaran renang, anak autis
Abstract
This study aims to describe about learning adaptation of swimming lesson programme in SKA Bina Anggita Yogyakarta. The focus of this research is on planning, implementing and evaluating. This research is a qualitative descriptive study. The research subject was the teacher of physical education at SKA Bina Anggita Data collection techniques used are observation, interview and documentation. The instruments used are observation guides, interview guides and documentation guides. Testing the validity of the data using source triangulation and method triangulation. The data analysis technique use descriptive methods with Miles and Huberman models which consist of three stages, namely data reduction, data presentation and conclusion drawing. The result of the study show; 1) The learning planning consist of physical capability assessment process, namely assessment of gross motor skill and basic swimming abilities, then semester programs preparation and preparation of lesson plan, but it has not been systematic and not written yet. 2) The implementation phase of learning namely; (a) introduction, in the form of conditioning and heating activities; (b) the core activities is delivery of swimming learning materials with several adaptations, namely the adjustment of learning materials, the use of individual approach methods, instructions in simple language and involvement all of classroom teachers and volunteers; (c) the closure of learning is unsystematic and there has been no cooling activities. Furthermore (3) the evaluation took the form of evaluation process during the swimming learning and evaluation at the end of each semester with the type is swimming practice with several adjustments in the test materials and test tools but the devices was unsystematic and unwritten.
Keywords: Swimming learning adaptation, autistic students.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter