KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTIS DI SEKOLAH LUAR BIASA TALENTA KIDS SALATIGA

Septian Ayu Rifayanti

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi dan interaksi anak autis di Sekolah Luar Biasa Talenta Kids Salatiga.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian merupakan siswa kelas 2 SD di Sekolah Luar Biasa Talenta Kids Salatiga yang bernama AF. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas dan reliabilitas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) komunikasi interaksi yang dikuasai AF hanya sebatas komunikasi satu arah saja, sehingga ketika mengajak berkomunikasi AF hanya sebatas menjawab saja tanpa memberikan respon balik, dalam merespon AF masih memerlukan bantuan dari guru pendamping, kominukasi anak masih sangat pasif. AF belum mampu komunikasi verbal masih kurang dan komunikasi non verbalnya hanya melakukan sentuhan dan gerakan-gerakan tubuh. Perilaku stereotype AF saat berkomunikasi berupa tangan yang sibuk sendiri memainkan telinganya dipegang-pegang terus-menerus dan ekspresi wajah yang kadang tertawa (saat AF merasa senang) atau sedih, cemberut, bahkan menangis (ketika bersedih). Tingkat kesadaran AF dengan adanya orang di sekitar masih belum terlihat. Kontak mata AF saat berkomunikasi belum bisa fokus ke arah lawan bicaranya, masih sangat memerlukan bantuan untuk fokus. 2) Ekspresi AF yang sering terlihat ketika dia merasa kesal akan selalu cemberut, pasang muka suram, bahkan AF menangis seperti orang ketakutan. Ketika AF menginginkan sesuatu dia akan menarik-narik tangan gurunya, hal ini adalah salah satu bentuk komunikasi yang dilakukan oleh AF. Sebenarnya AF sudah menunjukkan bahwa sebenarnya AF sudah memiliki motivasi untuk memulai komunikasi dengan lingkungan sekitar, tetapi AF belum mampu dalam mengungkapkan apa yang harus diungkapkan.
Kata kunci : Komunikasi, Anak Autis, Interaksi Sosial, SLB Talenta Kids.
Abstract
This study aims to describe the communication and interaction skills of autistic children at the Salatiga Kids Talent Extraordinary School. This type of research is qualitative descriptive research. The subject of the study was a grade 2 elementary school student at the Talent Kids Salatiga Extraordinary School named AF. Data collection techniques in the form of observation and interviews. The data analysis technique used is qualitative descriptive. The validity of the data is obtained through validity and reliability.The results showed that 1) interaction communication controlled by AF was only limited to one-way communication, so when asking to communicate AF was only limited to answering without giving a response back, in responding to AF still needed assistance from the accompanying teacher, communication of children was still very passive. AF has not been able to verbal communication is still lacking and non-verbal communication only does touch and body movements. The stereotyping behavior of AF when communicating in the form of a busy hand alone plays its ears held continuously and facial expressions that sometimes laugh (when AF feels happy) or sad, sullen, even crying (when sad). The level of AF awareness with people around is still not visible. AF eye contact when communicating has not been able to focus on the other person, still desperately needs help to focus. 2) AF expression that is often seen when he feels upset will always be sullen, tide a gloomy face, even AF crying like someone is scared. When AF wants something he will tug at the teacher's hand, this is one form of communication carried out by AF. Actually AF has shown that AF actually has the motivation to start communication with the surrounding environment, but AF has not been able to express what should be revealed.
Keywords : Communication, Autistic Childreen, Social Interaction, SLB Talenta Kids.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter