KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA ANAK AUTIS DENGAN PEMBERIAN REWARD

Pramudita Wanti Andari

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui pemberian
reward pada siswa autis kelas VI SLB Darma Putra Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 siswa autis kelas VI SLB Darma Putra Gunungkidul.
Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar membaca pemahaman dan observasi proses
pembelajaran siswa di kelas. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pemberian reward dapat meningkatkan kemampuan
membaca pemahaman pada siswa autis kelas VI di SLB Darma Putra Gunungkidul. Peningkatan pada
siklus I yaitu sebesar 30% dari kemampuan awal 50 menjadi 80. Peningkatan tersebut diperoleh dari hasil
memberikan reward berupa pujian secara verbal maupun non verbal dan bermain games dengan waktu
yang telah disepakati sebelumnya. Dari hasil observasi, siswa pada awalnya belum mampu menjawab
pertanyaan yang berkaitan dengan teks yang telah dibaca, namun setelah mendapatkan tindakan
kemampuan siswa jadi meningkat. Peningkatan diperoleh dengan memberikan latihan yang berkelanjutan
saat proses pembelajaran dan pemberian reward berupa pujian secara verbal maupun non verbal serta
anak diperbolehkan main games dengan waktu yang lama dari waktu yang diberikan saat siklus I.
Peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 40% dari kemampuan awal 50 menjadi 90. Peningkatan tersebut
ditunjukkan dengan siswa mampu menjawab soal yang diberikan dengan benar.
Kata Kunci: Pemberian Reward, Kemampuan Membaca Pemahaman, Anak Autis
Abstract
This study aims to improve the comprehensive reading ability through the reward giving method to a
student with autism in class VI of Special School Darma Putra Gunungkidul. This research was a
classroom action research. The subject of this study was 1 student with autism in class VI of Special
School Darma Putra Gunungkidul. The data collection was done by doing a test of comprehensive
reading results and observing the process learning student in the class. The data analysis techniques used
are quantitative and qualitative. The results of the study show that the use of reward can improve the
comprehensive reading ability of student with autism in grade VI at Special School Darma Putra
Gunungkidul. The increase in cycle I is 30% from the initial ability of 50 to 80. The increase is obtained
from the results of giving rewards in the form of verbal and non-verbal praise and playing games with the
agreed time. The increase is obtained by providing continuous training during the learning process and
giving rewards in the form of playing games for a long time. The increase in cycle II is 40% from the
initial ability of 50 to 90. The increase is shown by the student being able to answer the given questions
correctly.
Keywords: Reward, Comprehensive Reading Ability, Student with Autism


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter