PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MELAWAT DENGAN TONGKAT SISWA TUNANETRA DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Ray Gumilang Kurniadi Suja'i

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan, proses dan evaluasi pembelajaran
melawat dengan tongkat pada siswa tunanetra sekolah dasar di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif, subjek penelitian yaitu dua siswa tunanetra kelas 5 sekolah
dasar . teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran
keterampilan melawat dengan tongkat pada siswa tunanetra terdiri dari persiapan pembelajaran yang
dilakukan guru yaitu menentukan tujuan pembelajaran dan yang berpedoman pada kurikulum dan
menentukan materi yang berpedoman pada buku ajar orientasi dan mobilitas. Proses pembelajaran
keterampilan melawat dengan tongkat yaitu guru menyampaikan materi tentang cara penggunaan tongkat
dengan menyampaikan teknik menggunakan tongkat yaitu posisi tangan ketika memegang tongkat dan
cara mengayun tongkat, guru memberi contoh cara penggunaan tongkat yang benar, kemudian siswa
meraba tangan guru dan siswa mempraktekannya secara langsung. Metode yang digunakan guru dalam
pembelajaran melawat dengan tongkat yaitu metode praktek. Evaluasi pembelajaran dilakukan padaa ahir
semester, evaluasi berupa tes kinerja yaitu siswa mempraktekan teknik menggunakan tongkat tanpa
didampingi.
Kata kunci: Keterampilan melawat dengan tongkat, siswa tunanetra
Abstract
This study aims to describe the preparation, processing and evaluation of learning visited with a
stick on the blind students of primary school in SLB with Yaketunis.Type of this research is descriptive
research, research that is the subject of two blind students grade 5 elementary school. Using data
collection techniques of observation, interview and documentation. Data analysis using descriptive
analysis. Research results show that implementation of the learning skills visited with a stick on the blind
students consists of the preparation of the study that was done teachers namely determine learning
objectives and are based on the curriculum and determine material based on textbook orientation and
mobility. The process of learning skills with a rod that is visited teachers deliver material about how to
use the wand by passing on techniques using a stick that is the position of the hands when holding the
stick and how to swing a stick, the teacher gives examples How to use a cane, then students are grasping
the hands of teachers and students it out directly. The methods used in the teacher learning visited with a
stick that is the method of practice. Evaluation of learning is done in the end semester, evaluation form
performance tests namely the students practice the techniques using sticks without accompanied.
Keywords: Skill visited with a cane, visually impaired students


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter