KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN ANAK TUNARUNGU DENGAN MEDIA MANIPULATIF “PAPAN KANCING”

Nofriana Pratiwi

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media manipulatif “papan kancing” terhadap kemampuan operasi
penjumlahan pada anak tunarungu kelas II di SLB Negeri 1 Bantul. Media manipulatif “papan kancing” adalah
media yang dibuat menggunakan papan kayu yang di dalamnya terdapat kain flanel yang berfungsi untuk
merekatkan kancing. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain Single
Subject Research (SSR) dan menggunakan desain A-B yaitu baseline dan intervensi. Subjek penelitian merupakan
satu siswa tunarungu kelas II di SLB Negeri 1 Bantul. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
metode tes dan instrumen yang digunakan adalah instrumen soal tes. Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis dalam kondisi, analisis antar kondisi dan disajikan dalam bentuk grafik dan tabel. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa media manipulatif “papan kancing” berpengaruh terhadap kemampuan
penjumlahan pada anak tunarungu yang ditunjukkan melalui peningkatan pemerolehan skor setelah diberikan
intervensi. Adapun skor yang diperoleh pada tes kemampuan penjumlahan pada baseline (A) yaitu A sesi 1=0, sesi
2=0, dan sesi 3=0. Skor yang diperoleh subjek selama sesi intervensi (B) yaitu: B sesi 1=80, sesi 2=90, sesi 3=90,
sesi 4=100, sesi 5=100, sesi 6=100, dan sesi 7=100. Efektivitas tersebut juga didukung oleh persentase overlap
yang rendah yaitu 0%. Secara keseluruhan penggunaan media manipulatif “papan kancing” berpengaruh positif
terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan anak tunarungu kelas II di SLB Negeri 1 Bantul.
Kata kunci: Media manipulatif, kemampuan Penjumlahan, anak tunarungu.
Abstract
The research aims to know the influence of manipulative media “ papan kancing” to the summation operational
ability of second grade children with hearing impairment in special school of 1 Bantul Yogyakarta. Manipulative
media “Papan Kancing” is a media made was using wooden boards that inside which there are flannels that work
for a button. The research used kuantitatif method with Single Subject Research (SSR) and A-B design consist of
baseline and intervention. The subject of the research is a hearing impairment student of second grade in special
school of 1 Bantul. The data was collected through observation and test. Data analysis were intra- and intercondition
analysis. The result are presented in the forms of table and graphic. The result showed that manipulative
media “papan kancing” influence on the ability operational summation of children with hearing impairment that
shown by increase score after being given intervention. The mean score test ability summation in baseline (A) was
section 1= 0, section 2= 0, and section 3= 0. The mean score in intervention (B) were section 1= 80, section 2=
90, section 3= 90, section 4= 100, section 5= 100, section 6= 100 and section 7= 100. The effect is also supported
by the low overlapping percentage of 0%. Overall, use of the manipulative media “papan kancing” has a positive
effect on the ability of the second grade deaf children at special school 1 Bantul.
Keyword : Manipulative media, the summation operational ability, children with hearing impairment


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter