POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK TUNANETRA

Alvian Nur Huda

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh yang diberikan orang tua
yang memiliki keterbatasan pengelihatan atau anak tunanetra di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penelitian difokuskan pada pola asuh orangtua : 1) pada massa anak tunanetra lahir, 2) pada
massa pra sekolah, dan 3) pada masa pasca sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian pasangan suami istri yang mimiliki
empat anak dan tiga diantaranya adalah anak tunanetra. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptifkualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pada saat anak tunanetra lahir orang tua
belum menerima keadaan anak dan menganggap anak tunanetra sedang mengidap penyakit, 2)
pada massa pra sekolah orang tua sudah mulai menerima keadaan anaknya dan mencoba
untuk memberikan motivasi dengan membawa anak ke SLB dan menunjukan bahwa anak
tunanetra, anak tuna rungu dan guru-gurunya dalam melakukan kegitan pembelajaran, 3) pada
massa pasca sekolah orang tua memberikan kebebasan dan memenuhi kebutuhan kepada anak
tunanetra yaitu pekerjaan apa yang ingin mereka tekuni seperti pemusik untuk anak ke tiganya
denga memberi keybord, sedangkan anak ke dua difasilitasi untuk mendalami pekerjaan
menjadi tukang pijat dengan mengantar dan membayar pelatihan pijat untuk anak. Harapan
orang tua agar anak bisa mandiri dalam kehidupanya. Pola asuh secara keseluruhan
mengambarkan pola asuh Autoritatif (demokratis) itu dapat dilihat dari interaksi orang tua dan
anak. Karakteristik anak juga menunjukan ciri-ciri anak hasil dari pola asuh Autoritatif
(demokratis).
.
Kata kunci: pola asuh orang tua, tunanetra.
Abstract
This study was aimed to describe the parenting style provided by parent who have
blind children in Yogyakarta. The study focused on:
1) parenting style in the mass of blind children born, 2) parenting style of the blind children
in the pre-school mass, and 3) parenting style of the blind children in the post-school period.
This research is a descriptive research study with a qualitative approach. The subject of
research is a parent who have four children and three of them are blind children. Data
collection techniques used were observation and interview. Data analysis used descriptivequalitative
analysis. The results showed that: 1) parenting style to blind children when they
were born was parents have not accepted the condition of the child considers blind children
are suffering from illness, 2) parenting style by parents when the preschool mass is parents
have begun to accept the condition of their children and try to provide motivation to children
to continue their education, 3) parenting style in the post-school mass is that parents give
freedom to the child what path he will take in his life and parents continue to supervise
children in fulfilling their needs. The hope of parents so that children can be independent in their lives. Parenting as a whole illustrates authoritative parenting that can be seen from the interaction of parents and the children. Characteristics also show the characteristics of children as a result of authoritative parenting.

Keywords: parenting style, blind children


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter