PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA TUNALARAS PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V MENGGUNAKAN MEDIA POP UP DI SLB E PRAYUWANA

Aria Swadarma Bayu Sakti

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa tunalaras kelas V menggunakan media Pop Up pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SLB E Prayuwana.
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini siswa tunalaras kelas V berjumlah satu siswa dengan kriteria minat belajar yang rendah. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi dan angket penilaian minat belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan mencari nilai rerata minat belajar siswa di kelas.
Berdasarkan hasil penelitian terlihat minat belajar siswa rendah dikarenakan strategi pembelajaran masih menggunakan media pembelajaran yang sudah ada dan monoton. Minat belajar siswa tunalaras kelas V di SLB E Prayuwana Yogyakarta setelah diadakan penelitian dengan menggunakan media buku Pop Up mengalami peningkatan. Dengan langkah – langkah guru mencontohkan cara menggunakan media buku Pop Up, lalu guru menerangkan materi menggunakan media buku Pop Up, kemudian siswa disuruh memperagakan dan menerangkan kembali materi yang sudah diberikan oleh guru dengan bahasa mereka sendiri. Peningkatan minat belajar siswa dapat ditunjukan dari kondisi awal siswa saat Pra Tindakan minat belajar siswa kategori rendah (15), kemudian meningkat pada siklus I menjadi sedang (18), kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi tinggi (27,5).
Kata Kuci: AnakTunalaras, Media Pop-Up, Minat Belajar.
This study aims to improve the learning interest of children with hyperactivity grade V using Pop Up media in Natural Sciences lessons at SLB E Prayuwan.
The research used in this study is using Classroom Action Research. The subjects of this study were children with hyperactivity grade V totaling one student with low learning interest criteria. Data collection method of this researh uses observation techniques and questionnaires to assess students' learning interests. Data analysis techniques used in this research are qualitative and quantitative descriptive by looking for the average value of students' interest in learning in the classroom.
Based on the results of the study it was seen that students' learning interest was low due to the learning strategy still using existing and monotonous learning media. The interest in learning students in grade V at SLB E Prayuwana Yogyakarta after conducting research using the Pop Up book media has increased. With the steps the teacher exemplifies how to use the media Pop Up book, then the teacher explains the material using the media Pop Up book, then the students are told to demonstrate and explain the material that has been given by the teacher in their own language. Increasing students 'interest in learning can be shown from the initial condition of students during pre-action students' interest in learning in the low category (15), then increased in the first cycle to moderate (18), then increased again in the second cycle to be high (27.5).
key words: Children with Hyperactivity, Pop-Up Media, Learning Interest.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter