PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRA-VOKASIONAL MEMBATIK BAGI SISWA AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN, SLEMAN

Muhamad Khaidir Affan

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan persiapan, proses dan evaluasi pembelajaran
keterampilan pra-vokasional membatik pada siswa autistik di Sekolah Khusus Taruna Al-Quran,
Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam
penelitian ini adalah dua anak autistik jenjang SMALB. Metode pengumpulan data yang digunakan
yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptifkualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran keterampilan pra-vokasional
membatik pada anak autistik terdiri dari: 1) Persiapan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu
menentukan tujuan pembelajaran yang berpedoman pada hasil asessmen kemampuan pra-vokasional
membatik; menentukan materi pembelajaran dengan pedoman handout diklat membatik bagi guru SLB
yang diselenggarakan oleh DIKPORA DIY yang materinya disederhanakan sehingga diperoleh materi
antara lain menjaga kebersihan, mengenal alat dan bahan membatik, cara menggunakan peralatan dan
teknik membatik batik tulis serta langkah-langkah dalam membatik. 2) Proses pembelajaran
keterampilan pra-vokasional membatik terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup yang
dilakukan oleh guru dan anak autistik. Hasil menunjukan terdapat perbedaan keterampilan pravokasional
membatik antara subyek MF dan DA yaitu subyek MF lebih mandiri dibandingkan dengan
subyek DA yang masih memerlukan bantuan dan arahan dalam membatik. 3) Evaluasi dilakukan
dengan evaluasi program menggunakan teknik observasi keterampilan pra-vokasional membatik pada
anak autistik dan tes lisan.
Kata kunci: pembelajaran keterampilan pra-vokasional membatik, siswa autistik
ABSTRACT
The study aimed to describe the prepared, process, and evaluation of batik learning pre-vocational skill
for autism students in Special School Taruna Al-Quran, Sleman. This research type was descriptive
reasearch with qualitative approach. Subject in this study was two autism students senior high school.
Data collection metods were observation, interview and documentation. Data analysis tecnique was
done by descriptive qualitatif. The result showed that the implementation of batik learning prevocational
skill for autism students consisted of: 1) Preparation of learning which he did as teachers
namely determine the purpose of learning who rely on the outcome of asessmen membatik pravokasional
ability; Determine learning material with the guidebook handouts membatik training for
teachers special needs schools held by the yogyakarta dikpora who matter between the content in the
repository simplified to another to keep the city clean , know the tools and materials membatik , how to
use equipment and techniques membatik and write and also steps in membatik . 2) Learning skill pravokasional
membatik consisting of the introduction, the core and cover done by teachers and the
autistik.The results showed there is a difference between skill pra-vokasional membatik subjects mf and
da the subjects mf more independent compared with his subjects da still need help and directive for
membatik. 3) The evaluation is done with evaluation used technique observation skill pra-vokasional of
batik on child autistik and tests oral.
Keyword: batik learning pre-vocational skill, autism students


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter