PENDAMPINGAN PERILAKU NON ADAPTIF DALAM PEMBELAJARAN BINA DIRI MELIPAT BAJU UNTUK ANAK AUTIS

Wahyu Herjuno Bawono

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah yang dilakukan guru untuk menangani perilaku non adaptif siswa saat proses pembelajaran bina diri melipat baju di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa autis kelas 1 SMA dan mengikuti pembelajaran bina diri di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita.Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik yang digunakan untuk menganalisis data adalah tehnik analisis deskriptif kualitatif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bina diri melipat baju dibutuhkan untuk mengajarkan kemandirian dan kemampuan dalam melipat baju untuk anak autis. Dalam pembelajaran bina diri melipat baju muncul perilaku non adaptif. Perilaku non adaptif yang muncul dalam pembelajaran perlu dilakukan penanganan. Penanganan ini bertujuan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan perilaku tersebut. Metode modifikasi perilaku digunakan untuk menangani kemunculan perilaku non adaptif. Penanganan perilaku non adaptif dilakukan dengan pencarian faktor yang kemudian dilakukan perancangan penanganan. Salah satu penanganan yang dilakukan dengan pemberian hukuman.
Kata kunci: Perilaku Non adaptif, Autis
NON ADAPTIVE BEHAVIOR CONSIDERATION IN FOLDING CLOTH SELF HELP LEARNING FOR CHILDREN WITH AUTISM
Abstract
This study attemps to describe the steps taken by the teacher to handle non-adaptive behavior of students during the learning process of self-help folding clothes at Sekolah Khusus Bina Angita. This study is a descriptive research with qualitative approach. Subjects in this study were students of high school autistic class 1 and follow self-learning in Sekolah Khusus Autis Bina Anggita. The technique of data collection in this research was carried out by a observation, interview, and documentation. Data analysis was carried out by qualitative data technique presented in descriptive form. The results showed that learning self-thelp folded clothes needed to teach independence and ability in folding clothes for children with autism. In learning self-help folded clothes appear non-adaptive behavio. Non-adaptive behavior that occurs in learning needs to be handled. This handling aims to reduce or even eliminate such behavior. . Behavior modification methods are used to deal with non-adaptive behavior. Handling of non adaptive behavior is done by searching for factors which then do handling design. One of the handling done with the punishment.
Keyword: Non-Adaptive Behavior, Autism


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter