PEMBELAJARAN BUDIDAYA JAMUR TIRAM BAGI ANAK AUTIS SMA DI SLB CITRA MULIA MANDIRI YOGYAKARTA

Zidni Dzata Sakhiya

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran keterampilan hortikultura budidaya jamur tiram bagi anak autis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dilaksanakan di SLB Citra Mulia Mandiri Yogyakarta dengan subyek satu anak kelas X berusia 19 tahun dan satu anak kelas XI berusia 20 tahun serta satu guru sebagai informan. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi dengan analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan hortikultura budidaya jamur tiram dilaksanakan sesuai karakteristik anak autis. Faktor pendukung dalam pembelajaran yaitu tersedianya sarana dan prasarana sekolah yang mendukung, kondisi lingkungan sekolah, tersedianya guru yang berkompeten, antusias anak autis terhadap pembelajaran dan dukungan kepala sekolah, guru dan orangtua. Faktor penghambat dalam pembelajaran yaitu belum adanya identifikasi kebutuhan anak, tingkat emosi anak yang masih labil, kurangnya tenaga pengajar, kurangnya pengolahan produk dalam pemasaran dan kurangnya keterlibatan anak autis.
Kata kunci: pembelajaran keterampilan hortikultura, budidaya jamur tiram, anak autis
Abstract
This study aims to describe the implementation, supporting factors and the factors restricting the cultivation of horticultural skill learning in oyster mushrooms for autistic children. This research is kualitative research, conducted in Special School Citra Mulia Mandiri Yogyakarta with the subject of one child class X age 19 years and one child class XI age 20 years and one teacher as the informant. Method of data collection in the form of observation, interview and documentation with data analysis through data reduction stages, presentation of data, and verify the data. The results showed that the learning skills of the horticulture cultivation of oyster mushrooms adjusted by characteristic of children with autism. Supporting factors in learning are the availability of school facilities and infrastructure that support, the condition of the school environment, the availability of competent teachers, autistic children enthusiastic about learning and support from principals, teachers and parents. Inhibiting factors in the learning that there is no identification of the needs of children, the emotional level of children who are unstable, lack of teaching staff, lack of product processing in marketing and lack of involvement of children with autism..
Keywords: learning skills in horticulture, cultivation of oyster mushrooms, an autistic child


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter