PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN UANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN MELALUI BERMAIN PERAN JUAL BELI DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 SLEMAN, D.I YOGYAKARTA

Khoirunisa Wulandari

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil peningkatan kemampuan menggunakan uang pada anak tunagrahita kategori ringan kelas VII melalui kegiatan bermain peran jual beli di SLB Negeri 1 Sleman. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Taggart dalam dua siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian meliputi siswa tunagrahita kelas VII berjumlah dua anak. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi sebagai data pelengkap. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa bermain peran jual beli dapat meningkatkan kemampuan menggunakan uang bagi anak tunagrahita kategori ringan kelas VII di SLB Negeri 1 Sleman. Anak lebih antusias dalam menerima pembelajaran, konsentrasi anak tidak mudah beralih, dan respon anak terhadap guru selama pembelajaran lebih baik. Hasil peningkatan yang diperoleh pada tes pra tindakan Aj memperoleh nilai 47 meningkat menjadi 70 pasca tindakan siklus I dan meningkat lagi menjadi 89 pasca tindakan siklus II. Ft memperoleh nilai 39 meningkat menjadi 63 pasca tindakan siklus I dan meningkat lagi menjadi 85 pasca tindakan siklus II.
Kata kunci: uang, bermain peran, jual beli, anak tunagrahita kategori ringan
Abstrak
This study aims to determine the results and process of improving abilities for using money by the children with mild mental retardation VII grade with role playing in SLB Negeri 1 Sleman. This kind of the study is a classroom action research. Design of the study using Kemmis and Taggart model in two cycles consists of planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of the study included the children with mild mental retardation VII grade who were two children. Data collection techniques were conducted using observation, tests and documentation as complementary data. The data analysis technique is descriptively quantitative.
The results showed that with role playing in buying and selling can improve the ability of using money for the children with mild mental retardation VII grade in SLB Negeri 1 Sleman. Students be more enthusiast in the learning process, having good concentration, and the response to the teacher during the class is better. The results of the improvement obtained, in the pre-action test of subject Aj got the value of 47 increased to 70 in the post-action test cycle I and increased again to 89 on post-action test cycle II. The subject of Ft obtains a value of 39 increased to 63 in the post-action test of cycle I and increased again to 85 in the post-action test of cycle II.

Keyword: money, role playing, buying and selling, the children with mild mental retardation


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter