IDENTIFIKASI PERILAKU AGRESIF ANAK DENGAN GANGGUAN EMOSI DAN PERILAKU KELAS V SD PADA PEMBELAJARAN DALAM KELAS DI SEKOLAH LUAR BIASA PRAYUWANA YOGYAKARTA

Kunthi Rahayu Wibhisono

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilakukan karena adanya fenomena perilaku agresif dengan gangguan emosi dan perilaku
pada anak kelas V Sekolah Luar Biasa Prayuwana Yogyakarta. Oleh karena itu. penelitian ini bertujuan
untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk perilaku agresif anak dengan gangguan emosi dan perilaku. Jenis
penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah anak dengan gangguan emosi
dan perilaku kelas V Sekolah Dasar berjumlah 1 anak, dilaksanakan pada semester ganjil bulan Oktober 2017.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian
menggunakan panduan wawancara dan observasi. Observasi difokuskan pada saat proses perilaku di dalam kelas
dengan mengidentifikasi pencetus, bentuk perilaku, dan dampak perilaku agresif. Pengujian keabsahan data
menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi yang dimaksud adalah triangulasi antar metode pengumpulan data,
antar waktu terjadinya perilaku dan antar perilaku yang ditunjukkan subjek. Hasil penelitian menunjukkan bentukbentuk
perilaku agresif yang sering dilakukan anak adalah perilaku agresif verbal yaitu berkata kotor, ujaran ejekan,
mengancam, menghasut, dan berbohong. Sedangkan perilaku agresif nonverbal/fisik yaitu menendang, memukul,
mendorong, dan menjambak. Pencetus terjadinya perilaku agresif karena adanya model dan pengaruh dari
lingkungan subjek. Perilaku yang ditunjukkan adalah perilaku agresif verbal dan nonverbal/fisik. Dampak dari
perilaku yang terjadi adalah mendapatkan perhatian dan kepuasan pribadi karena telah menyakiti orang lain.
Kata kunci: perilaku agresif, anak dengan gangguan emosi dan perilaku
Abstract
This research was conducted because of the phenomenon of aggressive behavior with emotional and
behavioral disorder in grade V students Prayuwana Extraordinary School Yogyakarta. Therefore. this
study aims to identify forms of aggressive behavior of children with emotional and behavioral disorders.
The type of this research is descriptive with qualitative approach. The subjects of the study were children
with emotional and behavioral disorder class V of Primary School amounting to 1 child, executed in odd
semester of October 2017. Data collection techniques used were observation, interview, and
documentation. The research instrument uses interview and observation guides. Observations are focused
on the behavioral process within the classroom by identifying the originator, the behavioral form, and the
impact of aggressive behavior. Testing data validity using triangulation technique. Triangulation is a
triangulation between data collection methods, between the timing of behavior and behavior between
subjects shown. Results show the forms of aggressive behavior that is often done by children is verbal
aggressive behavior that is dirty said, utterance ridicule, threatening, inciting, and lying. While
nonverbal/physical aggressive behavior include kicking, hitting, pushing, and pulling. The originator of
aggressive behavior due to the model and influence of the subject environment. The behaviors shown are
verbal and nonverbal/physical aggressive behavior. The impact of the behavior that occurs is getting
attention and also personal satisfaction because it has hurt others.
Keywords: aggressive behavior, children with emotional and behavioral disorders


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter